Thursday, February 07, 2008

Javanese English ... hua..ha..ha..ha..

Hari ini dosgil melewati hari-hari sesuai dengan yang diharapkan. Setelah kemarin menderita karena demam dan sakit kepala ditambah batuk berdahak. Pagi ini dosgil terbangun dengan perasaan sehat dan segar, meski kadang-kadang batuk berdahak masing menyeruak.

Ya, hari ini hari istimewa, selain hari ini adalah hari tahun baru Imlek, dosgil dijadwalkan untuk presentasi master thesis sebagai tahap akhir program master sekaligus menyongsong memasuki jenjang selanjutnya (kalau Tuhan tidak berkehendak lain).

Dosgil menulis thesis ini sejak November silam dengan tertatih dan sering mengurung diri di kamar (alhasil bisa mengupdate blog ha...ha..ha..). Setelah melalui tahap dimana semua halaman tidak ada yang tanpa bekas coretan untuk diperbaiki, akhirnya dua minggu yang lalu ditanya: masih mau direvisi atau final. Sontak dosgil langsung menjawab, " final". Lalu draft thesis dijilid dan diserahkan untuk dinilai dan menunggu saat untuk presentasi. Dan inilah saat-saat menegangkan itu.

Kembali ke pagi hari setelah bangun tidur dengan kondisi cukup segar. Sembari makan pagi, dosgil menelpon Indonesia untuk memohon restu dari orang-orang tercinta. Kemudian dosgil memperbaiki sedikit file presentasinya dan kemudian melepas laptop dari singgasananya. Laptop yang jarang dibawa kemana-mana ini, akan menjadi saksi penampilan dosgil dalam "menyihir" bule-bule di negara Walandi ini. Setelah mempersiapkan diri dan mengenakan "pakaian kesayangan" (bisa dilihat fotonya di link sok serius; bajunya sama he..he..he..), dosgil berangkat ke kampus untu k.... makan siang. He..he..he.. lha presentasinya masih jam 4 sore koq. Makan siang saat ini dosgil memanjakan diri sendiri dengan makan pizza dan ikan goreng saos tomat.

Setelah makan siang, dosgil menuju "medan pertempuran". Dibantu CPPC melakukan setting medan pertempuran: 1. laptop on; 2. projector on; 3. laptop-projector well connected; nah masalah sekarang bagaimana menutup jendela supaya ruangan tidak terlalu terang. Gordyn tidak bisa ditutup. CPPC dan aku berusaha menarik gordyn dan tidak bergeming. Ya sudahlah setidaknya lampu dimatikan. Dosgil bergerak ke pojok depan kanan ruangan dan memencet saklar bertujuan mematikan lampu. Eh...lho..lho.. koq gordyn-nya nutup sendiri. Ha..ha..ha..ha... dasar "country boy" (terjemahan bebasnya: "cah ndeso"). Oke semua dah disetting dan para penggembira mulai berdatangan. Setelah para penguji lengkap, presentasi dimulai. Dasar dosgil, di sela-sela presentasi amsih juga menyempatkan diri mengamati kondisi para audiens: ada yang ngantuk di dekat pintu, ada yang mencatat serius (mungkin mengerjakan pe-er) di pojok belakang, ada yang melempar senyum saat tidak sengaja beradu pandang dengan dosgil, sedangkan para suporter dari Indonesia terlihat seperti menahan ketawa. Setelah presentasi selesai, dan sesi tanya jawab dimulai, suasana semakin cair secara dosgil selalu menjawab pertanyaan dengan lugas dan pede (salah betul urusan belakang). he..he..he..

Presentasi usai, audiens telah meninggalkan ruangan, dosgil juga diusir keluar menanti hasil penilaian "dewan penguji". Yap, puji Tuhan, dinyatakan "lulus", berkas-berkas administrasi akan diurus dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Oh ya, ada special remark dari "dewan penguji": katanya dosgil punya a unique accent dan pronunciation. Setelah dosgil konfirm dengan rekan-rekan Indo sembari merayakan kecil-kecilan di sebuah resto junk food, apa sih yang dimaksud? Mungkin karena dosgil sangat medok aksen Jawanya maka presntasi in English pun pakai Javanese English yang punya unique accent dan pronunciation. Hua..ha..ha.... dasar "country boy". Jadi teringat Pak Hendro yang ngajar Reading Class saat ambil Extension English Course di Universitas Sanata Dharma dulu.

Hmppfff.... terima kasih teman-teman atas dukungannya.

(Secangkir teh dan parasetamol 500 mg sudah menanti untuk meredakan nyeri kepala yang tiba-tiba muncul.)

2 Comments:

At Feb 8, 2008, 7:33:00 AM , Blogger dina.. said...

waa..omedetou abang! ^^
selamath..selamat..

kapan makan2nya? :D

 
At Feb 10, 2008, 10:08:00 AM , Blogger Enade "Dosen Gila" Istyastono said...

Terima kasih Din ...

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home